Blog KUA Laung Tuhup Tempat Berbagi Informasi.

Panduan Cara Memilih Calon Suami Yang Benar


Panduan Cara Memilih Calon Suami Yang Benar – Pada umunya wanita mendambakan laki-laki yang tampan, sehat, kuat, kaya, mempunyai kedudukan atau pangkat yang tinggi dan sebagainya. Memang itu semua hal yang wajar karena manusiawi, namun sifat-sifat tersebut adalah siat lahiriah belaka yang mana sewaktu-waktu dapat berubah menjadi kebalikannya.

Panduan Cara Memilih Calon Suami Yang Benar

Jika cinta berdasarkan sifat lahiriah tersebut maka lama kelamaan cinta tersebut akan hilang bersama jalannya waktu. Itulah sebabnya Islam megarahkan untuk memilih calon suami berdasarkan kepada budi pekerti atau akhlak yang mulia.

Dengan akhlak yang mulia Insya Allah ia akan melaksanakan kewajiban dan hak dengan baik.

Menggauli istrinya dengan baik dan kalaupun harus bercerai ia akan melakukannya dengan baik pula.

Imam Al Ghazali pernah menyebutkan bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Hasan bin Ali tentang mengaeinkan putrinya, seraya berkata : “Beberapa orang telah datang melamar anak perempuanku. Dengan siapakah sebaiknya kukawinkan dia ?”.

Jawab Hasan : “Kawinkahlah ia dengan seseorang yang kuat ketakwaanya kepada Allah. Sebab jika ia mencintainya, tentu putrimu itu akan dimuliakan oelhnya dan jika ia membencinya pun, tentu ia tidak akan berbuat zalim kepadanya”.

QS. An-Nur : 26 yang artinya :

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), da wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik, dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula). Mereka (yang dituduh) itu bersih dari apa yang dituduhkan oleh mereka (yang menuduh itu). Bagi mereka ampunan dan rezeki yang mulia (surga).

Seorang wanita muslimah sebaiknya tidak silau oleh pesona ketampanan ataupun bentuk lahiriah lainnya dari seorang laki-laki melainkan dari akhlaknya.

Demikian artikel ini saya tulis agar pembaca bisa memutuskan mana yang baik untuk suaminya di masa depan nantinya, semoga bermanfaat.

Related : Panduan Cara Memilih Calon Suami Yang Benar

0 Komentar untuk "Panduan Cara Memilih Calon Suami Yang Benar"