Blog KUA Laung Tuhup Tempat Berbagi Informasi.

Cara Merawat Buku Nikah dan Dokumen Penting Lainnya


Cara Merawat Buku Nikah dan Dokumen Penting Lainnya - Pasti anda sangat sakit hati ketika di saat dibutuhkan dokumen peting anda rusak salah satunya buku nikah. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya mulai sekarang anda harus menjaga dan merawat dokumen penting sebaik mungkin, karena suatu saat pasti kita sendiri maupun anggota keluarga lain membutuhkan. Jadi jika dokumen-dokumen peting anda terawat dengan benar dan ketika membutuhkannya tinggal ambil.

Cara Merawat Buku Nikah dan Dokumen Penting Lainnya

Secara umum dokumen penting itu ada beberapa macam seperti : Akte Kelahiran, Ijazah, KTP, SIM, Buku Nikah, KK, STNK, BPKB, Surat Menyurat Tanah, Piagam Penghargaan, SK Pegawai dan masih banyak lagi.

Di atas adalah beberapa sebagaian dari dokumen penting yang saya sebutkan dan sebaiknya dokumen yang berbentuk kertas di rawat dengan baik agar tidak cepat rusak agar tidak menyesal di kemudian hari.

Cara merawat dokumen penting termasuk buku nikah adalah sebagai berikut :

  • Untuk dokumen yang selembaran sebaiknya di laminating
  • Untuk jenis buku sebaiknya simpan di dalam map plastik bening
  • Scan semua dokumen peting dan simpan dalam komputer maupun laptop
  • Foto copy semua dokumen penting paling sedikit 10 rangkap

Penggandaan dokumen sangalah penting karena jika sewaktu-waktu dokumen yang asli rusak atau hilang jadi kita masih memiliki backupnya dalam bentuk file di laptop dan copyannya sembari mengurus ulang dokumen yang rusak atau hilang tersebut.

Simpan semua dokumen dalam di satu tempat dan dalam satu wadah di tempat paling aman dan terkunci serta jauh dari jangkauan anak-anak. Pastikan tempat penyimpanan tidak lembab dan memiliki sirkulasi udara yang memadai. Usahakan tempat penyimpanan jauh dari air, minyak, debu dan panas matahari langsung yang dapat merusak / memudarkan tulisan pada kertas dokumen.

Jangan lupa untuk memberikan kapur barus dalam tempat penyimpanan untuk mengusir ngengat dan mengurangi kelembaban. Periksa beberapa bulan sekali agar ruang penyimpanan kena sirkulasi udara dan menjaga agar dokumen tidak lengket. Kembalikan dokumen ke tempatnya semula setelah Anda gunakan.

Itu saja informasi yang dapat saya sampaikan mengenaik cara merawat buku nikah dan dokumen peting lainnya, semoga bermanfaat dan salam sukses.

Related : Cara Merawat Buku Nikah dan Dokumen Penting Lainnya

0 Komentar untuk "Cara Merawat Buku Nikah dan Dokumen Penting Lainnya"