Blog KUA Laung Tuhup Tempat Berbagi Informasi.

Berapa Lama Buku Nikah Jadi ?


Berapa Lama Buku Nikah Jadi ? - Pengantin baru pasti ingin cepat-cepat punya buku nikah supaya bisa bebas membawa terbang pasangannya kemanapun. Cepat lambatnya pembuatan buku nikah tergantung berkas yang diterima di KUA. Apabila berkas lengkap dan masuknya lebih dari 10 hari sebelum akad nikah Insya Allah buku nikah jadi sebelum akad dan selesai akad langsung di serahkan.

Namun jika berkasnya masuk dadakan, misalnya hari ini berkas masuk lalu akadnya 1 hari setelah itu, maka buku nikah tidak bisa langsung di buat karena dalam pembuatan buku nikah kami harus teliti dalam penulisan nama, ttl dan sebagainya agar tidak bermasalah dikemudian hari.

Berapa Lama Buku Nikah Jadi

Permasalahan yang paling berat adalah berkas masuk pagi ini lalu mau akadnya pagi itu juga, di tambah lagi data-data di berkas berbeda-beda. Misalnya namanya beda dengan yang di ktp dan kk, terus nama orang tuanya beda antara ijazah dengan kk. Ini yang membuat pembuatan buku nikah menjadi lama karena kami pihak KUA harus bertanya secara langsung kepada yang terkait data mana yang benar. Itupun terkadang ketika ditanya yang punya data bingung.

Jadi tidak ada patokan berapa lama buku nikah selesai.

Karena setiap orang berbeda-beda,,,, ada yang tertib adminstrasi, ada juga yang tidak.

Semoga artikel ini bisa menjadi pelajaran buat yang ingin menikah apabila mau buku nikahnya cepat selesai, usahakan memasukkan berkas ke KUA sudah jauh hari sebelum tanggal akad yang sudah di tentukan.

Dengan jarak waktu yang lama antara pendaftaran dengan waktu akad nikah akan mempermudah pihak KUA menganalisa data-data yang salah dan kemudian mengkonsultasikannya kepada calon pengantin.

Jika ada pertanyaan bisa tanyakan melalui kolom komentar di bawah artikel ini.

Itulah informasi mengenai Berapa Lama Buku Nikah Jadi ?, semoga bermanfaat.

Related : Berapa Lama Buku Nikah Jadi ?

4 Komentar untuk "Berapa Lama Buku Nikah Jadi ?"

Saya sudah 2 bulan lebih menikah,buku nikah saya belum jadi sampai sekarang,bagaimana penyelesaiannya...???

Langsung tanyakan ke KUAnya,,,, kalau memang ada berkas yang kurang menjadi sebab buku nikah tidak bisa di terbitkan, segera lengkapi Insya Allah buku nikah anda segera keluar

Saya sudah 3 Minggu menikah..tapi buku nikahnya belum juga jadi...apakah yg harus saya lakukan agar buku nikah itu cepat jadi...terimakasih

Langsung tanyakan aja ke KUA / penghulu yang menikahkan,,,, kalau ada berkas yang kurang lengkap biar segera di lengkapi