Blog KUA Laung Tuhup Tempat Berbagi Informasi.

Cara Ubah Tahun Lahir Di Buku Nikah


Perlu saya sampaikan lagi bahwa buku nikah tidak boleh di coret-coret sendiri lalu di ganti datanya sesuka hati. Banyak kejadian kasus mencoret buku nikah sendiri kemudian ingin membuat akte untuk anak hingga akhirnya bermasalah, tidak di terima. Yang berhak mencoret buku nikah adalah KUA yang kemudian di cap stempel. Coretan / perubahan data pada buku nikah tanpa cap stempel KUA di anggap pemalsuan data.

Sama halnya dengan Ijazah jika di coret sendiri pasti akan di anggap ijazah palsu. Perlu di ingat setiap menerima dokumen penting cek terlebih dahulu baru pulang, jangan pulang dahulu baru di cek.

Cara Ubah Tahun Lahir Di Buku Nikah

Ada 3 jenis perbaikan data pada buku nikah termasuk tahun lahir yang salah.

Pertama

Kesalahan cuma sedikit / cuma 1 yaitu tahun lahir suami atau istrinya saja yang salah, tinggal di bawa ke KUA yang menerbitkan buku nikah anda, beserta dokumen lainnya seperti KTP, KK dan Ijazah untuk koreksi mana data yang benar.

Nanti tahun lahir yang salah akan di coret, di beri paraf dan cap stempel KUA. Selesai.

Kedua

Kesalahan lumayan banyak pada buku nikah, misalnya yang salah tanggal lahirnya, nama orang tua dan no nik. Biasanya di beri surat keterangan sama seperti surat keterangan pada Ijazah yang menerangkan data ini salah dan yang benar adalah ini. 

Cara penggunaannya setiap memotocopy buku nikah surat keterangan tersebut juga di fotocopy sebagai lampiran.

Ketiga

Kesalahan data pada buku nikah lumayan baik baik data suaminya maupun data istrinya dan kondisi buku nikah rusak 50%. Yang model kejadian seperti ini biasanya langsung kami sarankan di buatkan duplikat buku nikah.

Buku nikah yang asli di tarik, dokumen yang di perlukan fotocopy KTP, KK dan Ijazah (supaya data tidak ada lagi yang salah). Foto 2 x 3 = 4 lembar latar biru terpisah untuk tempel di duplikat buku nikah.

Itulah Cara Ubah Tahun Lahir Di Buku Nikah yang dapat saya bagikan di artikel ini, jika ada yang kurang jelas bisa tanyakan melalui kolom komentar.

Related : Cara Ubah Tahun Lahir Di Buku Nikah

0 Komentar untuk "Cara Ubah Tahun Lahir Di Buku Nikah"